Kamis 21 Feb 2019

Berita Fakultas Hukum Universitas Balikpapan

Pada Tanggal 28 Oktober 2016.

Pintar Mengaitkan Kasus dengan Realita di Lapangan

Menjadi wisudawan pascasarjana dengan IPK terbaik membuat Wawan Sanjaya sangat bersyukur. Selama dua tahun menempuh pendidikan pascasarjana ilmu hokum di Universitas Balikpapan, ia mengaku selalu menikmatinya. Bahkan, bidang hukum juga telah ia pilih sebagai profesinya.

            Ia bercerita tentang komitmennya dalam perkuliahan dan profesi yang ia jalani. Tiada beban, Wawan dengan mudah menyelesaikan dan memahami tugas-tugasnya. “Saya sih terbiasa mengaitkan dengan realita yang saya alami di lapangan. Kasus-kasus real, apa yang ada di pemberitaan dan media kita diskusikan, “ Ujarnya.

           

Solusi yang di dapatkan di kelas perkuliahan terkait kasus yang sedang terjadi, selanjutnya menjadi pengalamannya, selain menjalani kehidupan sebagai advokat. Wawan menyelesaikan tesisnya selama enam bulan dengan IPK 3,88. Tesis berjudul “ Proses Penyidikan setelah Putusan Praperadilan Dikabulkan”, ia pilih karena memang tertarik dengan hokum pidana.

            “Saya terbiasa berhubungan langsung dengan kasus. Selain itu, saya juga menjadi asisten dosen di kampus. Sudah mengajar, namun untuk menjadi pengajar tetap belum,” lanjutnya. Wawan mengaku tertarik berhubungan dengan hukum acara pidana. Ia juga aktif di kembaga Kajian dan Bantuan Hukum Uniba.

            Sekira 20 kasus telah ia tangani. Pidana memang favoritnya. Ia berpedoman bahwa siapa yang mencintai profesinya, maka akan sukses dengan profesi tersebut. “ Supaya kuliah menyenagkan, jangan hanya berdiskusi di dalam kampus. Diskusikan juga di luar kampus dengan teman -  teman mahasiswa,” ujarnya.

            Apalagi, ruang diskusi Uniba terbuka dan setiap bulan selalu menghadirkan tamu seperti kepala imigrasi, kalapas, dan wamenkumham. Makin banyak narasumber yang di dapat, maka makin menarik ilmu tersebut.  (sumber: Balikpapan Post)

Dr. H. Kadarsyah, Drs., M.H.

Buku tersedia di Pascasarjana Universitas Balikpapan dan di toko buku

Video Profil Universitas Balikpapan