Kamis 21 Feb 2019

Berita Fakultas Hukum Universitas Balikpapan

Pada Tanggal 23 Januri 2017.

Hari ini,  Sabtu 21 Januari 2017, Universitas  Balikpapan melaksanakan Upacara  pelepasan Peserta KKN Tematik Angkatan I (pertama)  sebanyak  205 Mahasiswa  yang akan disebar ke 12 (dua) belas  kelurahan yang ada di Balikpapan dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 36 Dosen.  Hadir pada Acara  Pelepasan ini, Walikota Balikpapan, Bapak Rizal Efendi, S.E. Kepala Bappeda Kota Balikpapan, Para Camat dan lurah   keduabelas kelurahan yang menjadi tempat Mahasiswa melakukan KKN Tematik yang bekerjasama dengan PU Pera Pusat.  Selain para Undangan tersebut  acara ini juga dihadiri oleh  para civitas akademik Universitas Balikpapan dan  Ketua  dan Pembina  Yayasan DWK sebagai pengayom Universitas Balikpapan.Acara dimulai tepat pada jam 08,15 Wita, setelah terlebih dahulu diawali dengan pembacaan do’a yang di pimpin oleh Bapak  Firman, S.Ag, dilanjutkan dengan laporan Ketua Pelaksana KKN Tematik Dr. Didik Hadiyatno.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebelum pelepasan hari ini, pada tanggal 7-8 Desember 2016 bertempat di Dome Balikpapan,  Universitas Balikpapan bekerjasama dengan PU Pera Pusat  telah terlebih dahulu memberi pembekalan KKN Tematik kepada  seluruh Mahasiswa dan para Dosen yang menjadi Dosen Pembimbing lapangan.   Direncanakan KKN Angkatan ke II (dua) akan dilaksanakan pada bulan Juli- Agustus 2017. 

Tujuan KKN Tematik ini adalah untuk  pengembangan pemukiman kumuh di 12 kelurahan sesuai dengan SK Walikota dimana Program  Kementerian PU Pera akan menjadikan Balikpapan bebas dari pemukiman kumuh ( 100-0-100). Memalui KKN ini maka salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terimplementasi yaitu pengabdian kepada Masyarakat, dengan harapan melalui kehadiran mahasiswa dan DPL di 12 kelurahan dapat bekerjasama untuk mencari dan mengidentifikasi masalah yang ada sehingga tujuan program KKN Tematik untuk mengentaskan Pemukiman Kumuh dapat terksana dengan kerjasaama yang baik antara Camat, Lurah dan peserta KKN Tematik Angkatan I.  

Sementara Sambutan Rektor Universitas Balikpapan Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., C.L.A. menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN Tematik Angkatan I ini telah dirancang selama setahun terakhir namun baru hari  ini terwujud pelaksanaan nya, dan hal ini dirancang disela-sela  kesibukan  Universitas dalam pelaksanaan  visitasi  akreditasi 8 program studi Universitas Balikpapan.  Beliau  mengharapkan dengan kehadiran mahasiswa Uniba di tengah- tengah masyarakat menjadi inspirasi dan bermanfaat  serta dapat memberikan sumbangsih yang terbaik  dengan tetap menjaga nama baik almamater. Uniba siap dengan potensi yang ada melalui para Dosen bekerjasama untuk membangun Kota Balikpapan kedepan.  Rektor  UNIBA Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md., S.H., M.H., C.L.A. mengakhiri sambutannya dengan ucapan terimakasih kepada  Bapak Walikota yang telah meluangkan waktunya melepas Peserta KKN Tematik Angkatan I,   disela- sela kesibukan beliau yang sangat padat  dengan berbagai masalah yang ada di Kota Balikpapan,  dan juga tidak lupa ucapan terimakasih disampaikan kepada para Undangan yang telah ambil bagian dalam Acara pada hari ini.

 

Sambutan yang ditunggu tunggu yang sekaligus sambutan terakhir adalah dari Walikota Balikpapan Bapak Rizal Efendi, S.E. yang menyambut dengan baik akan pelaksanaan KKN Tematik ini, sebagai bagian dari Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kota  dalam  bentuk gotong royong untuk membangun Kota Balikpapan yang saat ini dilakukan dengan pembangunan infrastuktur pemukiman yang dalam konsep pemerintah melalui Departement PU Pera Pusat bahwa Infrasttruktur pemukiman capaiannya harus  menjadi 100-0-100, artinya 100% sanitasi, 0% kawasan kumuh dan 100% Air bersih harus tuntas  dikota Balikpapan, yang tentunya dicapai secara bertahap melalui KKN Uniba bekerjasama dengan PU Pera dan Pemerintah Kota Balikpapan.  Beliau juga menghimbau agar masyarakat Balikpapan sadar akan lingkungan  dengan menggiatkan gotong royong yang telah menjadi salah satu budaya masyarakat Indonesia,  keikut sertaaan masyarakat dalam membangun lingkungannya sangat diperlukan,  dimana saat ini masyarakat  sudah semakin lemah kesadrannya dalam melaksaankan gotong royong dilingkungan pemukimannya, seyogianya tidak harus menunggu pemerintah untuk membersihkan selokan dan lingkungan pemukiman, maka beliau menghimbau melalui KKN Universitas Balikpapan, para Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan dapat memberikan pemahaman kepada kelurahan yang menjadi objek KKN agar masyarakat mengerti akan pentingnya gotong royong.  Melalui KKN ini, Teori-2 pembelajaran di bangku perkuliahan dapat di implementasikan pada Masyarakat lewat KKN. Tentunya bagi mahasiswa yang sudah bekerja akan lebih mudah bersosialsisasi dengan masyarakat, karena sudah terbiasa terlatih di tempat bekerja dan kepada mahasiswa yang masih murni, lewat KKN ini akan bersentuhan langsung secara sosial kepada masyarakat dan membuka wawasan baru dan melatih kepekaan sosial ditengah masyarakat yang bersinerji selama pelaksanaan KKN ini.  Bapak Walikota menghimbawa juga suapaya  jangan sampai Mahasiswa bersentuhan dengan Narkoba, Narkoba sangat berbahaya dan menjadi pembunuh,  dimana setiap hari 45  jiwa melayang, dan senantiasa terbangun Wawasan kebangsaan yang lebih baik sehingga terwjud ke Bhinekaan yang mengikat persatuan dan mencegah perpecahan di tengah-tengah bangsa kita. Sambutan Walikota Balikpapan sangat inspiratif  dengan paparan-paparan pemahaman akan persoalan-persoalan yang ada di Masyarakat Balikpapan.  Sambutan Walikota Balikpapan Bapak Rizal Efendi, S.E. di akhiri dengan penyematan tanda pengenal  sekaligus sebagai tanda pelepasan KKN Tematik Angkatan I Universitas Balikpapan, tepat pada jam 10.30 Wita.

 

Dr. H. Kadarsyah, Drs., M.H.

Buku tersedia di Pascasarjana Universitas Balikpapan dan di toko buku

Video Profil Universitas Balikpapan